Belajar Askep
.

Thursday, March 24, 2011

Browse » Home » » Tingkatkan Memory PC dengan USB Flashdisk Kita

Tingkatkan Memory PC dengan USB Flashdisk Kita

Bagikan Keteman Lewat:



Random Access Memory (RAM) atau biasa dikenal Memory memiliki peranan penting dalam kinerja sebuah komputer. Semakin besar kapasitas sebuah Memory, semakin kencang pula performa dari komputer tersebut. Lalu bagaimana jika anda ingin menambah kapasitas Memory? selain membeli, anda bisa memanfaatkan Flashdisk yang anda miliki sebagai gantinya. Bagaimana caranya?

Flashdisk bisa dimanfaatkan sebagai pengganti Memory, meskipun masih harus diperlukan Memory asli dalam sebuah PC. Sebab, fungsi dari Flashdisk tersebut hanyalah sebagai Virtual memory. Menurut Wikipedia, Virtual Memory adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition.

Dalam arti yang lebih sederhana, Virtual Memory adalah Memory tambahan untuk mengantisipasi jika data yang ada pada Memory utama sudah penuh.
Untuk bisa menggunakan flashdisk sebagai Virtual Memory, hal penting yang harus diperhatikan adalah kondisi Motherboard dan flahsdisk yang sudah mendukung sistem USB 2.0.

Lebih bagus lagi, jika flashdisk anda sudah menggunakan fasilitas ready boost.
Ready Boost adalah fasilitas yang digunakan untuk Sistem Operasi Windos Vista. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan pada Windows XP. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :
1.  Pasang Flashdisk pada PC anda.
2.  Pada Menu My Computer, klik kanan, lalu pilih Properties
3. Pilih tab Advanced, lalu klik tombol Settings yang ada pada kotak Performance
4. Sebuah jendela akan muncul, lalu klik tab Advanced, klik lagi tombol Change pada kotak Virtual memory
5. Pilih drive C, kemudian pilih No paging file. Lalu lanjutkan dengan mengklik tombol Set
6. Pilih drive dimana flashdisk anda berada (misalkan drive F), biasanya diberi nama Removable disk jika anda belum memberi nama pada flashdisk tersebut. Setelah itu pilih System managed size lalu klik tombol Set
7. Pada kotak Total paging file size for All drives, masukkan nilai Recommended yang tidak melebihi kapasitas flashdisk
8. Jika yang terjadi ternyata nilainya lebih, anda bisa memasukkan nilai total dari kapasitas flashdisk. Caranya klik pilihan Custom Size lalu pada Initial Size dan Maximum Size diisi dengan nilai total dari kapasitas flashdisk, namun anda harus menyisakan 5 – 6 Mb dari nilai total flashdisk. Ini merupakan persyaratan dari Windows XP itu sendiri. Jika sudah, klik tombol Set
9. Klik OK lalu Restart komputer

Komputer anda pun telah terpasang tambahan Memory dari flashdisk.

Referansi disini
Thank You So Much!
Kalau sudah membaca silahkan isi Buku Tamu
Terima kasih telah membaca artikel: Tingkatkan Memory PC dengan USB Flashdisk Kita Silahkan baca artikel Blog ©Belajar Askep Lainya Dibawah ini:
Advertisement below...!

Comments : Ada 0 komentar untuk Tingkatkan Memory PC dengan USB Flashdisk Kita

Post a Comment

 
© Copyright 2011 : Belajar Askep
All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Ahmad Soleh Powered By Blogger
^_^ Submit | Template dari : Free Blogger Templates | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |