Belajar Askep
.

Friday, March 25, 2011

Browse » Home » » Toilet Training

Toilet Training

Bagikan Keteman Lewat:



Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengonterol dalam melakukan buang air besar dan air kecil. Toilet training dapat berlangsung pada fase kehidupan anak, yaitu umur 18 bulan sampai 2 Tahun. Dalam melakukan latihan buang air kecil dan besar membutuhkan persiapan naik secara fisik, fisikologis maupun secara intelektual, melalui persiapan tersebut  anak mampu mengonterol buang air besar maupun kecil secara sendiri.
Pada toilet training selain melatih anak dalam mengonterol  buang air besar maupun kecil juga dapat bermanfaat dalam pendidikan seks sebab pada saat anak melakukan kegiatan tersebut disitu anak akan mengetahui anatomi tubuhnya sendiri serta fungsinya.
Dalam toilet training dihharapkan terjadi pengaturan impuls atau rangsangan dan instink anak dalam melakukan buang air besar atau buang air kecil dan perlu diketahui buang air adalah suatu alat pemuas untuk melepaskan ketegangan dengan latihan ini anak diharapkan dapat melakukan usaha penundaan pemuasan.
Toilet training dapat dilakukan pada setiap anak yang sudah memasuki fase kemandirian pada anak. Suksesnya anak tergantung pada kesiapan pada diri anak dan keluarga, seperti kesiapan fisik, dimana kemampuan secara fisik pada anak sudah kuat  dan mampu. Hal ini dapat ditunjukan anak mampu duduk atau berdiri sehingga memudahkan anak untuk dilatih buang air besar  dan kecil. Persiapan intelektual juga dapat membantu dalam hal dapat ditunjukan apabila anak memahami arti buang air besar dan kecil sangat memudahkan proses dalam pengontrolan, anak dapat mengetauhi  kapan saatnya buang air besar, persiapan tersebut  akan menjadikan diri anak selain mempunyai kemandirian dalam mengontrol khususnya buang air kecil dan buang air besar(toilet training). Pelaksanaan toilet training dapat dimulai sejak dini untuk melatih respon terhadap kemampuan untuk buang air kecil dan buang air besar.

A.      Cara Toilet training pada anak
Latihan buang air kecil dan buag air besar pada anak atau dikenal dengan nama toilet training merupakan suatu hal yang harus dilakukan pada orang tua anak, diharap dengan latihan itu anak dapat mempunyai kemamampuan sendiri dalam melakukan buang air kecil dan buamg air besar tanpa merasakan rasa takut dan kecemasan sehingga anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai usia tumbuh kembang anak. Banyak cara dilakukan orang tua dalam melatih anak untuk buang air kecil dan buang air besar, diantaranya :
B.       Teknik lisan
Merupakan suatu usaha untuk melatih anak dengan cara memberikan intruksi pada anak dan kata-kata sebelum buang air kecil dan besar. Cara ini kadang-kadang merupakan hal biasa yang dilakukan pada orang tua akan tetapi apabila kita perhatikan  bahwa teknik lisan mepunyai nilai ang cukup besar dalam memberikan ransangan untuk buang air besar  dan kecil.

C.      Teknik Mondeling
Merupakan usaha untuk  melatih anak dalam melakukan buang air besar dan kecil atau memberikan contoh. Dampak yang negatip pada cara ini adalah appabila contoh yang diberikan salah sehingga akan diperlihatkan pada anak akhirnya anak juga akan mempunyai kebiasan yang salah.

D.      Pengkajian masalah Toilet training
Pengkajian kebutuhan terhadap toilet training merupakan suatu yang harus diperhatikan sebelum anak buang air besar dan kecil, mengingat anak yang melakukan buang air kecil dan buang air besar akan mengalami proses keberhasilan atau kegagalan,selama buang air kecil dan besar.

E.       Penkajian fisik
Pengkajian fisik yang harus diperhatikan pada anak yang akan melakukan buang air besar dan kecil dapat melakukan kemampuan motorik kasar seperti berjalan, duduk meloncat dan kemampuan motorik halus seperti melepas celana sendiri. Kemampuan motorik ini harus dapat perhatian karena kemampuan untukk  buang air besar ini lancer dan tidaknya dapat ditunjang dari kesiapan fisik sehingga ketika anak itu buang air kecil dan besar mampu dan siap untuk melaksanakannya.

F.       Pengkajian pisikologis
Pengkajian pisikologis yang dapat dilakukan adalah gambaran pisikologis pada anak ketika anak melakukan buang air kecil atau besar, seperti anak tidak rewel pada saat buang air besar maupun buang air kecil, eksperesi wajah menujukan kegembiraan dan ingin melakukan secara mandiri, anak sabar dan sudah maumenunggu selama 5-10 menit di toilet tanpa rewel dan menunggu.

G.      Pengkajian Intelektual
Pengkajian intelektual pada latihan buang air kecil dan buang air besar antara lain kemampuan anak untuk mengerti buang air kecil atau buang air besar, anak akan menyadari timbulnya buang air kecil atau besar, mempunyai kemampuan kognitif untuk meniru prilaku yang tepat seperti  buang air pada tempatnya dan etika dalam buang air.
            Hal yang perlu diperhatikan selama toilet training, di antaranya
1.      Hindari pemakaian popok sekali pakai atau diafer dimana anak akan merasa aman
2.      Ajari anak untuk mengucapkan kata-kata yang khas yang berhubungan dengan buang air besar
3.      Mendorong anak melakukan rutinitas kekamar mandi seperti cuci muka saat bangun tidur, cuci tangan, cuci kaki dan lain-lain.
4.     Jangan marah bila anak gagal dalam melakukan toilt teraining

Dampak Toilet Training
            Dampak yang paling umum dalam toilet training seperti adanya perlakuan atau aturan yang ketat pada orang tua kepada anaknya yang dapat menggangu keperibadian anak atau cendrung beersifat retentife di mana anak cendrung bersikap keras kepala bahkan kikir. Hal ini sering dilakukan oleh orang tua apabila sering memarahi anak pada saat buang air besar atau kecil. Bila orang tua santai dalam memberikan aturan dalam toilet training maka anak akan dapat mengalami kepribadian ekspresif dimana anak akan lebih tega, cenderung ceroboh, suka membuat gara-gara, emosional dan seenaknya dalam melakukan kegiatabn sehari hari.

DAFTAR PUSTAKA
          Hidayat, Aziz Alimul. Pengantar Keperawatann Anak, Jilid I.  Salemba Medika.. Jakarta.
Thank You So Much!
Kalau sudah membaca silahkan isi Buku Tamu
Terima kasih telah membaca artikel: Toilet Training Silahkan baca artikel Blog ©Belajar Askep Lainya Dibawah ini:
Advertisement below...!

Comments : Ada 1 komentar untuk Toilet Training

  1. kunjungan pertama.....
    manfaat banget website/Blog nya.....
    keep posting yang positif gan/sist..
    ijin lihat-lihat blog/website nya ya.....

    jangan lupa kunjungi website saya ya :)

    Daftar rumah Murah Tambun-Bekasi tahun 2015-2016

    ReplyDelete

 
© Copyright 2011 : Belajar Askep
All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Ahmad Soleh Powered By Blogger
^_^ Submit | Template dari : Free Blogger Templates | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |