Belajar Askep
.

Thursday, October 20, 2011

Browse » Home » » Menyusui Dapat Mengatasi Resiko Diabetes Hingga 50%

Menyusui Dapat Mengatasi Resiko Diabetes Hingga 50%

Bagikan Keteman Lewat:



Di usia pernikahan yang cukup matang semua pasangan tentunya sangat mendambakan kelahiran si jabang bayi untuk melengkapi keharmonisan keluarga. Untuk itu bersiaplah tampil sebagai seorang ibu yang baik bagi sang anak, apalagi bagi yang baru punya anak pertama . Merawat anak memang tidak mudah namun tidak cukup sulit juga, di usia anak yang baru beberapa bulan peran ASI sangatlah bagi sang bayi karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan sang anak nantinya, tidak hanya itu menyusui juga dapat mengatasi resiko diabetes hingga 50% seperti yang di ungkapkan dibawah ini.

Go4HealthyLife.com, Jakarta – Para ibu baru yang menyusui tentu bagus buat kesehatan bayi, karena air susu ibu (ASI) memberikan bayi begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan dan juga antibodi serta sel-sel lainnya yang membantu membentuk sistem kekebalan tubuh buah hati mereka. Lalu, manfaat apa yang didapat oleh si ibu yang menyusui?

Menurut hasil studi terbaru, ibu yang memberikan ASI ternyata juga dapat mempertahankan kesehatan mereka lebih baik.  Tim peneliti yang dipimpin Dr. Eleanor Bimla Schwarz dari University of Pittsburgh, menemukan bahwa wanita yang menyusui memiliki kemungkinan 50% lebih rendah mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.

Ada perbedaan besar secara statistik, dan meski belum jelas apa yang memicu perbedaan ini, para ilmuwan berspekulasi bahwa ada hubungannya dengan kelebihan berat badan selama kehamilan. Dan menyusui dapat membantu ibu mengurangi lemak di perut mereka yang didapat selama kehamilan dengan lebih efisien. Sementara lemak perut atau visceral yang penting untuk perkembangan bayi selama di dalam kandungan, ternyata dapat merugikan kesehatan ibu jika terus terbentuk setelah melahirkan, karena kondisi ini dikaitkan dengan risiko lebih besar untuk mengalami gangguan metabolisme seperti resistensi insulin dan penyakit jantung serta diabetes.

“Ketika Anda menyaksikan mamalia, Anda harus melihat laktasi (menyusui) sebagai bagian dari pengalaman kehamilan,” kata Schwarz. Ketika wanita tidak menyusui setelah kehamilan, atau laktasi dibatasi atau dihentikan sebelum waktunya, perempuan akhirnya akan mempertahankan kelebihan lemak lebih banyak yang diperoleh saat kehamilan dibandingkan jika mereka menyusui. Dan kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan si ibu.

Sejumlah penelitian terhadap hewan telah membantu mengungkapkan alasan lain. Menyusui, seperti yang ditemukan dalam penelitian, dapat meningkatkan respons ibu terhadap insulin, yang memungkinkan si ibu untuk mengurai glukosa secara lebih efektif dan menjaga metabolisme gula terus terpantau.

Laktasi juga dapat menghambat hormon yang mendorong aktivitas pertumbuhan hormon, yang juga dapat mempengaruhi kadar insulin. Selain itu, beberapa studi telah menunjukkan bahwa ketika wanita mengalami diabetes selama kehamilan, yang dikenal sebagai diabetes kehamilan, menyusui bayi dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan membantu menstabilkan kondisi mereka.

The American Academy of Pediatrics menyarankan ibu baru untuk menyusui bayi mereka selama sedikitnya enam bulan. Sementara bagi mereka yang tidak menyusui, sebaiknya dilakukan intervensi gaya hidup, seperti olahraga dan perubahan pola makan, untuk menurunkan risiko diabetes.

Itulah salah satu pencegahan dan pengobatan diabetes mellitus yang paling mudah, nah mulai sekarang bagi para calon ibu-ibu janganlah takut untuk menyusui karena menyusui merupakan hal yang paling wajar dan sangat bermanfaat bagi sang bayi dan ibu.

Posted By Belajar Askep
Jangan Asal CoPas!!! baca aturannya Disini
Thank You So Much!
Kalau sudah membaca silahkan isi Buku Tamu
Terima kasih telah membaca artikel: Menyusui Dapat Mengatasi Resiko Diabetes Hingga 50% Silahkan baca artikel Blog ©Belajar Askep Lainya Dibawah ini:
Advertisement below...!
 
© Copyright 2011 : Belajar Askep
All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Ahmad Soleh Powered By Blogger
^_^ Submit | Template dari : Free Blogger Templates | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |