Belajar Askep
.

Monday, December 26, 2011

Browse » Home » , » Manfaat Imunisasi Campak

Manfaat Imunisasi Campak

Bagikan Keteman Lewat:



Campak adalah salah satu jenis penyakit yang mudah menular. Dinegara berkembang, campak cenderung menyerang anak-anak berusia dibawah lima tahun. Sedangkan dinegara maju, campak menyerang usia remaja hingga dewasa muda, terutama yang belum pernah diberikan imunisasi campak.

Bagi anak yang bergizi baik dan sehat, tidak akan menjadi masalah bila terserang campak. Namun, bila campak menyerang anak-anak dengan gizi buruk, dapat berakibat fatal. Agar anak anda terhindar dari serangan campak, mari kenali penyakit ini lebih jauh.

GEJALA

Penyakit campak disebabkan oleh virus yang disebut morbili. Gejala campak terdiri atas tiga fase, yaitu:
  1. Masa inkubasi. Pada fase ini belum terlihat gejala apapun. Namun morbili sudah menginfeksi. Fase ini terjadi selama 10-12 hari.
  2. Fase frodormal. Di fase ini, tanda-tanda sakit mulai terlihat. Anak mulai demam tinggi (38-40oc ), disertai batuk dan pilek. Gejalanya memang seperti penyakit flu. Mata mulai berair dan tidak tahan terhadap sinar (disebut photo phobia). Mulai muncul bintik-bintik putih di dalam mulut. Diare juga sering menyertai gejala campak, namun tidak selalu.
  3. Fase ketiga. Demam tinggi masih terus berlangsung. Bintik-bintik juga terus bermunculan secara bertahap. Awalnya dari bagian belakan gkuping. Lalu menyebar kewajah, leher, dada, dan keseluruh tubuh. Ukuran bintik-bintik tersebut sedang dan tergantung daya tahan anak. Semakin tinggi daya tahan, bintik-bintik tidak banyak dan tidak menyebar keseluruh tubuh.
PENULARAN

Campak menular melalui semburan ludah dan perantara udara. Ada beberapa anggapan yang salah mengenai campak, yang selama ini beredar dikalangan masyarakat.

Anggapan :
Bila ada anggota keluarga yang sakit campak, lebih baik anggota yang lain sekalian ditulari saja agar sekalian repot mengurusnya. Toh penyakit campak hanya datang sekali seumur hidup. Bila sudah terkena campak, tidak akan terkena lagi.

Kenyataan :
Anggapan ini jelas salah. Sebab, penyakit tidak untuk ditularkan ke orang lain, apalagi dampaknya sangat berbahaya bagi si penderita.

Anggapan :
Bintik-bintik merah harus keluar semua, sebab jika tidak, akan membahyakan penderita.

Kenyataan :
Anggapan tersebut salah, karena banyaknya bintik-bintik di tubuh merupakan tanda berat atau ringanya penyakit. Semakin bintik yang keluar, maka penyakitnya semakin ringan. Ketika berobat, dokter akan berusaha agar bintik-bintik di tubuh penderita tidak semakin banyak.

Anggapan :
Penderita campak tidak boleh dimandikan, karena akan menimbulkan gatal yang jika digaruk akan menimbulkan infeksi.

Kenyataan :
Jika penderita campak dimandikan, maka ia akan merasa nyaman karena badanya bersih.

PENGOBATAN

Pengobatan penyakit campak tergantung dari gejala yang dialami oleh penderita. Apabiila penderita batuk, pengobatanya adalah diberi obat batuk.begitu pula apabila penderita mengalami demam atau diare. Semua gejala yang muncul, harus diobati. Namun, yang paling baik adalah melakukan pencegahan sebelum anak terkena penyait campak.

PENCEGAHAN

Pencegahan penyakit campak yang paling efektif yaitu dengan cara pemberian iunisasi. Campak memang hanya menulari satu kali seumur hidup. Namun panyakit ini sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan kematian.

Penyakit campak yang bisa menyebabkan kematian yaitu apabila telah terjadi komplikasi, misalnya radang paru-paru dan radang otak. Bagi anak yang daya tahan tubuhnya sangat baik, bisa tidak pernah tertular penyakit campak.

CARA PENANGANAN PENDERITA CAMPAK
  • Bagi penderita campak ringan, bisa dirawat dirumah. Namun bila sudah terjadi komplikasi, segeralah bawa ke rumah sakit
  • Jauhkan penderita dari anggota keluarga yang lain agar tidak menularkan penyakit, terutama bila ada bayi yang belum diberi imunisasi.
  • Berilah penderita makanan bergizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya. Penderita penyakit campak mudah terkena penyakit lain seperti flu dan radang tenggorokan. Karena itu, berilah makanan yang mudah dicerna.
  • Berobat kedokter.
  • Penderita harus istiraht yang cukup.Kebersihan tubuh penderita harus tetap terjaga (tetap harus dimandikan)
Thank You So Much!
Kalau sudah membaca silahkan isi Buku Tamu
Terima kasih telah membaca artikel: Manfaat Imunisasi Campak Silahkan baca artikel Blog ©Belajar Askep Lainya Dibawah ini:
Advertisement below...!

Comments : Ada 0 komentar untuk Manfaat Imunisasi Campak

Post a Comment

 
© Copyright 2011 : Belajar Askep
All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Ahmad Soleh Powered By Blogger
^_^ Submit | Template dari : Free Blogger Templates | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |