Belajar Askep
.

Friday, March 09, 2012

Browse » Home » , » Metode Pengumpulan Data / Pengkajian Keperawatan

Metode Pengumpulan Data / Pengkajian Keperawatan

Bagikan Keteman Lewat:



Pengkajian Keperawatan
Metode Agar data dapat terkumpul dengan baik dan terarah, sebaiknya dilakukan penggolongan atau klasifikasi data berdasarkan identitas klien, keluhan utama, riwayat kesehatan, keadaan fisik, psikologis, sosial, spiritual, intelegensi, hasil-hasil pemeriksaan dan keadaan khusus lainnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data keperawatan pada tahap pengkajian adalah Wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan pemeriksaan fisik (pshysical assessment). dan studi dokumentasi. 

WAWANCARA Biasa juga disebut dengan anamnesa adalah menanyakan atau tanya jawab yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi klien dan merupakan suatu komunikasi yang direncanakan. Dalam berkomunikasi ini perawat mengajak klien dan keluarga untuk bertukar pikiran dan perasaannya yang diistilahkan teknik komunikasi terapeutik.

Teknik tersebut mencakup keterampilan secara verbal maupun non verbal, empati dan rasa kepedulian yang tinggi.  
Teknik verbal meliputi : 
  • Pertanyaan terbuka maupun tertutup
  • Menggali jawaban dan 
  • Memvalidasi respon klien.
Teknik non verbal meliputi : 
  • Mendengarkan secara aktif
  • Diam, 
  • Sentuhan dan 
  • Kontak mata. Mendengarkan secara aktif merupakan suatu hal yang perlu dilatih.
Unsur-unsur yang penting dalam mendengarkan secara aktif yaitu :
  1. Memperhatikan pesan yang disampaikan 
  2. Mengurangi hambatan-hambatan
    • Suara yang gaduh (suara radio, tv, pembicaraan di luar)
    • Kurangnya privasi
    • Adanya interupsi dari perawat lain
    • Perasaan terburu-buru
    • Klien merasa cemas, nyeri, mengantuk
    • Perawat sedang memikirkan hal lain / tidak fokus ke klien
    • Klien tidak senang dengan perawat atau sebaliknya 
  3. Posisi duduk sebaiknya berhadapan, dengan jarak yang sesuai. 
  4. Mendengarkan penuh dengan perasaan terhadap setiap yang dikatakan klien 
  5. Memberikan kesempatan klien istirahat
Tujuan Wawancara :
  1. Untuk memperoleh data tentang masalah kesehatan dan masalah keperawatan klien.
  2. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam mengidentifikasi dan merencanakan tindakan keperawatan.
  3. Membantu klien memperoleh informasi dan berpartisipasi dalam identifikasi masalah dan tujuan.
  4. Membantu perawat untuk menentukan investigasi lebih lanjut selama tahap pengkajian.
  5. Meningkatkan hubungan antara perawat dengan klien dalam berkomunikasi.
Komunikasi keperawatan digunakan untuk memperoleh riwayat keperawatan. Riwayat keperawatan merupakan data yang khusus dan data ini harus dicatat, sehingga rencana tindakan keperawatan dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan klien. Riwayat keperawatan sebaiknya segera didapatkan begitu klien masuk rumah sakit, karena riwayat tersebut akan memudahkan perawat dalam mengidentifikasi kemampuan dan kelemahan klien, resiko terjadinya gangguan fungsi kesehatan, dan masalah-masalah keperawatan yang aktual maupun potensial.

Tahapan Wawancara / Komunikasi :

1. Persiapan
Sebelum melakukan komunikasi dengan klien, perawat harus melakukan persiapan dengan membaca status klien. Perawat diharapkan tidak mempunyai prasangka buruk terhadap klien, karena akan mengganggu dalam membina hubungan saling percaya dengan klien. Jika klien belum bersedia untuk berkomunikasi, perawat tidak boleh memaksa, atau memberi kesempatan kapan klien sanggup. Pengaturan posisi duduk dan teknik yang akan digunakan dalam wawancara harus disusun sedemikian rupa guna memperlancar wawancara.

2. Pembukaan atau perkenalan
Langkah pertama perawat dalam mengawali wawancara adalah dengan memperkenalkan diri : nama, status, tujuan wawancara, waktu yang diperlukan dan faktor-faktor yang menjadi pokok pembicaraan. Perawat perlu memberikan informasi kepada klien mengenai data yang terkumpul dan akan disimpan dimana, bagaimana menyimpannya dan siapa saja yang boleh mengetahuinya.

3. Isi / tahap kerja
  1. Fokus wawancara adalah klien 
  2. Mendengarkan dengan penuh perhatian. 
  3. Menanyakan keluhan yang paling dirasakan oleh klien 
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh klien 
  5. Gunakan pertanyaan terbuka dan tertutup tepat pada waktunya 
  6. Bila perlu diam, untuk memberikan kesempatan kepada klien untuk mengungkapkan perasaannya 
  7. Jika situasi memungkinkan kita dapat memberikan sentuhan terapeutik, yang bertujuan untuk memberikan dorongan spiritual, merasa diperhatikan.
4. Terminasi
Perawat mempersiapkan untuk penutupan wawancara. Untuk itu klien harus mengetahui kapan wawancara akan berakhir dan tujuan dari wawancara pada awal perkenalan, sehingga diharapkan pada akhir wawancara perawat dan klien mampu menilai keberhasilan dan dapat mengambil kesimpulan bersama. Jika diperlukan, perawat perlu membuat perjanjian lagi untuk pertemuan berikutnya.

Sehingga, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan wawancara dengan klien adalah :
  1. Menerima keberadaan klien sebagaimana adanya 
  2. Memberikan kesempatan kepada klien untuk menyampaikan keluhan-keluhannya / pendapatnya secara bebas 
  3. Dalam melakukan wawancara harus dapat menjamin rasa aman dan nyaman bagi klien 
  4. Perawat harus bersikap tenang, sopan dan penuh perhatian 
  5. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  6.  Tidak bersifat menggurui 
  7. Memperhatikan pesan yang disampaikan 
  8. Mengurangi hambatan-hambatan 
  9. Posisi duduk yang sesuai (berhadapan, jarak tepat/sesuai, cara duduk) 
  10. Menghindari adanya interupsi 
  11. Mendengarkan penuh dengan perasaan 
  12. Memberikan kesempatan istirahat kepada klien
Macam Wawancara :
  1. Auto anamnesa => wawancara dengan klien langsung 
  2. Allo anamnesa  => wawancara dengan keluarga / orang terdekat.
Teknik Pengumpulan Data Yang Kurang Efektif :
  1. Pertanyaan tertutup : tidak ada kebebasan dalam mengemukakan pendapat / keluhan / respon. misalnya : “Apakah Anda makan tiga kali sehari ?“ 
  2. Pertanyaan terarah : secara khas menyebutkan respon yang diinginkan. Misalnya : “……………. Anda setuju bukan?” 
  3. Menyelidiki : mengajukan pertanyaan yang terus-menerus 
  4. Menyetujui / tidak menyetujui. Menyebutkan secara tidak langsung bahwa klien benar atau salah. Misalnya : “Anda tidak bermaksud seperti itu kan?”
sumber: Nursingbegin
Posted By Belajar Askep
Jangan Asal CoPas!!! baca aturannya Disini
Thank You So Much!
Kalau sudah membaca silahkan isi Buku Tamu
Terima kasih telah membaca artikel: Metode Pengumpulan Data / Pengkajian Keperawatan Silahkan baca artikel Blog ©Belajar Askep Lainya Dibawah ini:
Advertisement below...!

Comments : Ada 0 komentar untuk Metode Pengumpulan Data / Pengkajian Keperawatan

Post a Comment

 
© Copyright 2011 : Belajar Askep
All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Ahmad Soleh Powered By Blogger
^_^ Submit | Template dari : Free Blogger Templates | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |