Belajar Askep
.

Saturday, April 14, 2012

Browse » Home » » Awas! Stres Pengaruhi Kecantikan

Awas! Stres Pengaruhi Kecantikan

Bagikan Keteman Lewat:



Stres, baik yang disebabkan faktor lingkungan, keluarga atau memang karena proses penuaan berdampak pada kecantikan. Perempuan yang stress cenderung bernafas cepat, dangkal dengan hidung mulut kering dan bibir pecah-pecah. 

Ini dijelaskan dr Yenny DP Sp KJ dalam talkshow Tetap Cantik dan Energik di Usia Lanjut di RS Premier Bintaro, Tangerang Banten, Sabtu (15/4/2012). Menurut Yenny, stres akan membuat otot otot diafragma bekerja terlalu cepat sehingga membuat sakit di dada.

"Stress yang kronis membuat gairah menurun, sakit kepala, letih, depresi dan susah tidur. Saat stress kita mengungkapkan dengan kemarahan dengan menggeratakkan gigi, mengencangkan rahang, otot leher tegang yang mempengaruhi penampilan," paparnya. 

Lantas bagaimana menanggulangi stress tapi tetap cantik dan energik. Berikut ini tips dari dr Yenny :

- Lakukan  Relaksasi
Duduk berbaring dengan posisi nyaman. Pejamkan mata, lemaskan seluruh otot mulai dari wajah, mulut, rahang, leher, dada, perut, pinggul sampai kaki. Pusatkan perhatian pada pernafasan lalu tarik nafas hembuskan. Rubah pola nafas dadal yang pendek dan tegang menjadi pernafasan perut yang dalam dan santai.

- Latihan Pernafasan
Bernafaslah normal, perhatikan nafas anda. Tarik nafas dalam udara masuk melalui hidung ke rongga perut dan perut mengembang. Keluarkan nafas melalui mulut. Lakukan itu berkali-kali.

- Olahraga Santai.
Cara ini sangat bermanfaat untuk mencegah stress, akan bermanfaat menambah teman. Olahraga akan mempertahankan berat badan, memperbaiki sistem kekebalan dan menambah aktivitas sel-sel tubuh.

- Menata Pikiran.
Teknik merawat pikiran akan membebaskan diri dari pikiran-pikiran yang menghukum diri. Pikiran negatif akan diganti dengan pikiran yang lebih realistis serta mampu membangun kepedulian pada diri sendiri atau orang lain. Contoh pikiran negatif saya terlalu gemuk, saya pendek, kerut-kerut membuat saya seperti tua.

- Makan untuk Kenyamanan dan Kegembiraan.
Tinggalkan diet yang terlalu ketat dengan pola makan 80/20 artinya 80 persen makanan bergizi mengandung protein seperti ikan, ayam, susu. 20 persen makanan lain seperti bikuiy. Cokelat, es krim, kripik. Untuk cegah osteoporosis cukupkan makan buah dan sayur.

- Bersantai Tanpa Merasa Bersalah.
Tindakan ini akan memperbaharui energi bukan berarti hedonisme atau memuja kepuasan diri sebagai cara hidup. Bisa dilakukan dengan cara nonton film, pergi ke toko buku, makan makanan masa kecil.

- Mengembangkan Kreativitas.
Artinya membuka pikiran, hati terhadap berbagai imajinasi yang dituntun suara hati. Individu yang mengikuti dorongan hati akan menemukan kegembiraan, ketenangan, kebebasan dalam menyelami diri sendiri.

- Merawat tubuh.
Perawatan tubuh, penampilan baru memakai asesoris dilakukan dengan penuh semangat kegembiraan tapi bukan untuk pamer. Harus dibedakan upaya mempercatik diri untuk meraih standar yang ditentukan oleh masyarakat dan catik untuk diri sendiri.

Posted By Belajar Askep
Jangan Asal CoPas!!! baca aturannya Disini
Thank You So Much!
Kalau sudah membaca silahkan isi Buku Tamu
Terima kasih telah membaca artikel: Awas! Stres Pengaruhi Kecantikan Silahkan baca artikel Blog ©Belajar Askep Lainya Dibawah ini:
Advertisement below...!

Comments : Ada 0 komentar untuk Awas! Stres Pengaruhi Kecantikan

Post a Comment

 
© Copyright 2011 : Belajar Askep
All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Ahmad Soleh Powered By Blogger
^_^ Submit | Template dari : Free Blogger Templates | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |