Belajar Askep
.

Monday, May 21, 2012

Browse » Home » » WHO Luncurkan Program Perangi Malaria

WHO Luncurkan Program Perangi Malaria

Bagikan Keteman Lewat:



Badan Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan program baru pada malam perayaan Hari Malaria Dunia 2012, Selasa, untuk mendorong para donor dan negara endemis malaria menuju akses dunia dalam melakukan pemeriksaan diagnosis, pengobatan anti malaria dan pengawasan penyakit malaria.

Itu dimaksudkan untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa masyarakat dunia dari keterjangkitan penyakit malaria.

Menurut pedoman terkait yang diumumkan Selasa, negara dengan endemis malaria mesti menjamin untuk memeriksa setiap kasus dugaan malaria, mengobati setiap kasus malaria dengan obat anti malaria berkualitas, dan melacak penyakit malaria dengan menggunakan sistem pengawasan yang akurat dan tepat.

"Selama negara belum dapat menguji, merawat dan melaporkan setiap kasus malaria, kita tidak akan pernah bisa memberantas penyakit tersebut," kata Direktur Jenderal WHO, Margaret Chan.

"Kami perlu komitmen politik yang tegas dan berkelanjutan dari seluruh negara endemis malaria dan komunitas kesehatan global, untuk memerangi penyakit tersebut hingga tuntas," tambahnya.

Data statistik WHO menunjukkan separuh negara endemis malaria berada di Afrika dan lebih dari 80 persen kasus malaria masih ditangani tanpa melakukan uji diagnosis. Uji diagnosis secara keseluruhan akan menjamin pasien penderita demam mendapat perawatan yang paling tepat. Selain itu, uji diagnosis dapat menjamin pemberian obat anti malaria secara masuk akal dan benar.

Robert Newman, Direktur WHO untuk Program Malaria Sedunia, mengatakan bahwa program baru PBB yang dikenal dengan T3 --test, treat and track (periksa, rawat dan lacak), bertujuan untuk mendorong negara endemis malaria dan rekannya untuk menyukseskan upaya pencegahan malaria selama lebih dari satu dekade terakhir.

"Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi kemajuan pesat dalam perkembangan peralatan diagnosa baru dan obat-obatan anti malaria yang efektif. Yang menjadi tantangan saat ini adalah menjamin bahwa peralatan itu dapat digunakan dan semua negara endemis malaria dapat mengukur dampak kesehatan masyarakatnya," kata Newman.

Meskipun sudah ada kemajuan dalam memerangi malaria, penularan penyakit tersebut masih terjadi pada 99 negara di seluruh dunia dan penyakit itu terus melumpuhkan sistem kesehatan di banyak negara di Afrika.

Menurut data WHO pada 2010, penyakit yang dapat dicegah dan diobati itu telah mengakibatkan sekitar 655.000 kematian warga di seluruh dunia, yang 560.000 orang di antaranya adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.

Hari Malaria Dunia dibentuk oleh Majelis Kesehatan Dunia pada sidang ke-60, Mei 2007, guna mengakui upaya dunia dalam memberikan penanganan efektif terhadap penyakit malaria. Perayaan itu diperingati setiap 25 April, demikian Xinhua.
http://www.antaranews.com
Posted By Belajar Askep
Jangan Asal CoPas!!! baca aturannya Disini
Thank You So Much!
Kalau sudah membaca silahkan isi Buku Tamu
Terima kasih telah membaca artikel: WHO Luncurkan Program Perangi Malaria Silahkan baca artikel Blog ©Belajar Askep Lainya Dibawah ini:
Advertisement below...!

Comments : Ada 0 komentar untuk WHO Luncurkan Program Perangi Malaria

Post a Comment

 
© Copyright 2011 : Belajar Askep
All Rights Reserved | About | Privacy | Contact | T O S | Sitemap | Stylished by Ahmad Soleh Powered By Blogger
^_^ Submit | Template dari : Free Blogger Templates | Member Area | Report | Report | Log In | Log Out
Ping your blog, website, or RSS feed for Free | |